Pertanyaan Akhir Tahun 2021 untuk Kita Renungkan dan Refleksikan

Terkadang gw bisa menemukan makna yang sangat berarti dari kumpulan beberapa hal kecil yang gw renungkan hari demi hari.

Hai guys. Kemarin di tanggal 1 Desember 2021, tepatnya ketika baru bangun pagi gw mengawali aktivitas dengan menghela nafas cukup panjang sambil berkata dalam hati ; “Hmmm.. Gak terasa udah Desember dan udah mau ganti tahun.” Kalau kalian juga gitu artinya kita sama. ^_^

Desember bagi gw adalah bulan yang sangat spesial. Selain karena bulan ini adalah bulan kelahiran gw dan juga natal, Desember juga merupakan bulan jadian gw sama doi dan juga bulan dimana gw harus bayar pajak mobil. Hahaha..

Setiap bulan Desember tiba entah kenapa gw seakan baru sadar kalau waktu berjalan bergitu cepat. Hmm.. Memang terdengar aneh. Padahal seharusnya gak perlu menunggu pergantian tahun untuk menyadari kalau waktu itu berjalan cepat. Jika setiap detik, menit, jam, hari, minggu dan bulan kita lalui tanpa memberikan manfaat bagi diri, keluarga dan sesama artinya memang benar waktu berjalan terlalu cepat. Atau lebih tepatnya kita tidak bisa memanfaatkan waktu yang ada.

Gw tipe orang yang terbiasa meluangkan waktu untuk merenung dan merefleksikan hal – hal yang telah gw lalui. Bisa sebelum tidur atau diwaktu dimana gw merasa ada hal yang terjadi begitu saja tanpa gw tau positif atau negatifnya. Menurut gw sangat penting untuk memaknai sebuah kejadian atau hal yang terkesan sepele dan biasa aja. Terkadang gw bisa menemukan makna yang sangat berarti dari kumpulan beberapa hal kecil yang gw renungkan hari demi hari.

Hosting Murah Berkualitas dengan Fitur Paling Lengkap DISKON 80%. Mau?!

Tanpa bermaksud sok hebat dan sok spiritual, menurut gw kita sebagai manusia perlu meluangkan waktu untuk merenung dan berefleksi. Tidak perlu setiap hari. Mungkin seminimalnya adalah dibulan Desember ini dimana merupakan bulan terakhir sebelum masuk ke tahun yang baru.

Menurut gw ada beberapa pertanyaan yang bisa kita tanyakan kepada diri kita sendiri sebagai bahan renungan dan refleksi supaya kita tau apakah kita sudah memanfaatkan waktu dengan maksimal atau justru menyia-nyiakannya. Kalian tidak harus benar – benar merenungkannya. Karena untuk menjadi pribadi yang selalu bertumbuh adalah hak setiap individu. Jadi boleh sekedar dibaca atau benar – benar direnungkan.

  • Bagaimana target yang pernah ditetapkan untuk tahun ini? Apakah telah tercapai, sedang proses atau sama sekali belum dimulai? Apa tantangan terberat dari target tersebut?
  • Apakah ada hal yang kamu anggap sebagai sebuah kesuksesan yang sebenarnya tidak pernah kamu targetkan atau rencanakan? Mengapa hal itu bisa terjadi?
  • Apakah ada hal yang terjadi yang membuat kamu menderita? Apa dampak positif dan negatif dari penderitaan itu terhadap diri kamu?

Nah itu dia sedikit pertanyaan yang menurut gw bisa ditanyakan ke diri sendiri sebagai bahan renungan dan refleksi. Semoga tahun 2021 ini bisa kita akhiri dengan hal – hal manis supaya kita bisa memasuki tahun 2022 dengan penuh semangat dan harapan.

Sekian atikel kali ini. Like, share dan follow / subscribe jika kalian suka dengan artikel ini. Kalau kalian mau kasih dukungan buat beli kopi bisa kunjungi https://saweria.co/alvipunyacerita. Terima kasih sudah membaca.

Salam Anget,

-Alvi Alevi-

Baca juga artikel lainnya di bawah ini. Terima kasih.

Sumber gambar : Gambar oleh Bessi dari Pixabay

Penulis: Alvi Alevi

Male, 1993, Sagitarius, First Child, Indonesian.

4 tanggapan untuk “Pertanyaan Akhir Tahun 2021 untuk Kita Renungkan dan Refleksikan”

  1. Pertanyaan dan pemikiran yang sama menghujam saya pada awal bulan ini. Rasanya tidak bisa menerima, ini sudah bulan Desember. Kemana waktu berlalu?

    Setelah refleksi sedikit, sungguh. Saya terlalu sibuk, sampai tak tahu kalau waktu berlalu sangat-sangat cepat!

    Disukai oleh 1 orang

Berikan Apresiasi Kalian terhadap Tulisan Ini dengan Berkomentar. Terimakasih.

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: