Kalkulator Tabungan Dana Persiapan Pensiun

Kalkulator Investasi untuk menghitung dana yang harus ditabung setiap bulan untuk mencapai target dana pensiun.

Hai guys, jadi kemarin ada teman gw yang tanya tentang cara menghitung tabungan / dana investasi bulanan untuk persiapan pensiun.

Teman gw tersebut tanya berapa dana yang harus disiapkan untk masa pensiun dan berapa yang harus ditabung setiap bulannya mulai dari sekarang.

Cloud Hosting Indonesia

Nah berhubung hari ini gw lagi gabut banget di kantor akhirnya gw iseng – iseng bikin kalkulator tabungan persiapan pensiun. Sederhana sih cuma pakai excel.

Walaupun sederhana tapi gw yakin akan sangat bermanfaat untuk kalian yang sudah mulai memikirkan tabungan untuk masa pensiun.

Hosting Unlimited Indonesia

Eits, ngomongin tentang mikirin dana pensiun jujur gw ngerasa telat banget karena baru di umur 27 tahun kepikiran untuk nabung dana pensiun. Padahal gw sudah mulai kerja sejak kuliah semester 3 atau sekitar umur 20 tahun.

Buat kalian yang sudah kerja gw saranin untuk mulai nabung untuk kebutuhan hari tua kalian mulai dari sekarang. Semakin cepat kalian mulai menabung maka semakin ringan nominal tabungan yang harus kalian sisihkan setiap bulan.

Sebelum lanjut bacanya jangan lupa berlangganan artikel Alvi Punya Cerita ya. Tinggal ketik email kalian pada kotak dibawah ini lalu klik berlangganan.

Oke lanjut.

Cara pakainya sederhana banget. Kalian tinggal download saja file excel dibawah ini. Setelah itu tinggal kalian isi kolom – kolom yang bisa diisi. Kolom yang terkunci artinya tidak perlu kalian isi.

Berhubung ini adalah file excel maka disarankan untuk membukanya dari PC atau Laptop. Bisa dibuka di HP tapi tampilannya kurang maksimal.

Contoh perhitungan tabungan persiapan dana pensiun punya pacar gw.

Bagian yang harus kalian isi adalah Nama, Usia Sekarang, Usia Saat Pensiun, Dana Tersedia Saat Ini, Biaya Hidup per Bulan Saat Ini, Tingkat Inflasi dan Tingkat Return Investasi.

Buat yang bingung untuk pengisian kolom Tingkat Inflasi dan Tingkat Return Investasi sudah gw buat penjelasannya di dalam file excel tersebut. Tinggal ikuti aja petunjuknya.

Perkiraan Biaya Hidup per Bulan Saat Pensiun adalah nilai masa depan dari Biaya Hidup per Bulan Saat Ini yang sudah kalian isi di kolom atasnya.

Untuk selisih antara Jumlah Tabungan yang Harus Dimiliki Saat Pensiun dan Jumlah Tabungan yang Harus Ditambahkan berasal dari nilai masa depan dari Dana Tersedia Saat Ini untuk Investasi.

Gimana? Gampang banget kan cara pakainya?!

Buat kalian yang mau mulai nabung untuk dana pensiun, gw ada cara supaya kalian bisa mendapatkan cashback sebesar Rp 25.000. Langsung aja klik disini.

Sekian atikel kali ini. Like, share dan follow / subscribe jika kalian suka dengan artikel ini. Kalau kalian mau kasih dukungan buat beli kopi bisa klik atau scan QR Code dibawah. Terima kasih sudah membaca.

https://saweria.co/alvipunyacerita

Salam Anget,

-Alvi Alevi-

Yang mau tambahan diskon hingga 75% + 5% untuk sewa hosting dan domain di  bisa gunakan kode promo “ALVIPUNYACERITA” tanpa tanda kutip.

Baca juga artikel lainnya di bawah ini. Terima kasih.

Penulis: Alvi Alevi

Male, 1993, Sagitarius, First Child, Indonesian.

Berikan Apresiasi Kalian terhadap Tulisan Ini dengan Berkomentar. Terimakasih.

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s