Buat Kamu yang Takut dengan Pinjaman Online. Jika Butuh Dana Tunai Lebih Baik Lakukan Ini.

Bahkan ada orang yang ditagih dengan cara yang merusak nama baiknya hanya karena lupa membayar tagihan pembelian pulsa senilai 25 ribu rupiah karena terlanjur uninstall aplikasi pinjaman online tersebut dan tidak mengetahui jika masih ada tagihan.

Kalian pasti tau kan yang dimaksud dengan #PinjamanOnline ?

Pinjaman online atau biasa disebut juga dengan Peer-to-Peer (P2P) Lending atau Fintech Lending adalah kegiatan meminjamkan uang kepada individu yang saling tidak mempunyai hubungan, tanpa melalui perantara keuangan tradisional seperti bank atau lembaga keuangan tradisional lainnya.

Dikutip dari situs ojk.go.id,

Fintech Lending/Peer-to-Peer Lending/Pinjaman Online adalah layanan pinjam meminjam uang dalam mata uang rupiah secara langsung antara kreditur/lender (pemberi pinjaman)dan debitur/borrower (penerima pinjaman) berbasis teknologi informasi. Fintech lending juga disebut sebagai Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi (LPMUBTI).

Sampai dengan 10 Januari 2021, total jumlah penyelenggara fintech  terdaftar dan berizin adalah sebanyak 149 Perusahaan.  OJK mengimbau masyarakat untuk menggunakan jasa penyelenggara  fintech lending yang sudah terdaftar/berizin dari OJK.Informasi  selengkapnya mengenai penyelenggara fintech lending silakan  untuk mengklik link berikut:Penyelenggara Fintech Lending Terdaftar dan Berizin di OJK per 10 Januari 2021

Dengan adanya pinjaman online yang merupan salah satu bentuk dari bisnis #fintech yang diawasi oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini benar – benar membuat aktifitas pinjam-meminjam menjadi sangat familiar dan mudah di kalangan anak yang baru lulus sekolah karena syarat-syarat meminjam yang sangat mudah.

Beberapa aplikasi pinjaman online hanya mensyaratkan KTP dan foto selfie untuk bisa meminjam dana.

Kemudahan yang di tawarkan oleh perusahaan pemberi pinjaman online ternyata dimanfaatkan dengan sangat tidak baik oleh para pengguna #smartphone karena banyak yang meminjam untuk sesuatu yang tidak #produktif.

Minimnya wawasan tentang finansial dan pengelolaannya membuat kalangan #milenial yang sangat mahir dalam menggunakan smartphone ini akhirnya terjebak dalam jeratan #KreditMacet yang akhirnya membuat mereka melakukan hal – hal negatif seperti menjual barang – barang dirumah tanpa se-izin orang tua, kabur dari rumah, hingga melakukan pekerjaan-pekerjaan yang “tidak benar.”

Lebih parahnya lagi sistem penagihan pinjaman online tidak hanya menarget orang tua dan salah satu keluarga tidak serumah peminjam yang terdaftar.

Karena sistem peminjaman online berbasis aplikasi online dimana aplikasi tersebut meminta izin untuk mengakses kontak dan daftar panggilan di smartphone peminjam akhirnya data tersebut manfaatkan oleh perusahaan pinjaman online untuk memaksimalkan usaha penagihan.

Ketika terjadi kredit macet sudah biasa jika akhirnya semua orang yang nomornya tersimpan di smartphone peminjam akan mengetahui tentang kasus kredit macet tersebut karena ditelpon oleh bagian penagihan pinjaman online.

Bahkan ada orang yang ditagih dengan cara yang merusak nama baiknya hanya karena lupa membayar tagihan pembelian pulsa senilai 25 ribu rupiah karena terlanjur uninstall aplikasi pinjaman online tersebut dan tidak mengetahui jika masih ada tagihan.

#Gila !! Parah emang..

Lalu bagaimana jika saya membutuhkan dana untuk keperluan mendesak seperti untuk #Pendidikan, #Pernikahan, berobat atau #ModalUsaha ?

Kondisi yang paling ideal untuk mengajukan pinjaman adalah kita harus memiliki aset tidak lebih kecil dari total pinjaman kita.

Sangat tidak sehat jika kita meminjam sejumlah dana baik itu melalui bank, koperasi atau pinjaman online tanpa di-cover dengan aset dan atau penghasilan.

Jadi cara terbaik untuk mendapatkan dana tunai selain dengan mencari #investor (jika untuk kebutuhan modal usaha) adalah dengan;

1. Mengajukan pinjaman di perusahaan pembiayaan dengan jaminan aset. Misalnya saja #PinjamanJaminanBPKB Mobil, BPKB Motor atau BPKB Truck.

Banyak yang menggunakan istilah #GadaiBPKB atau nyekolahin BPKB. Tapi sama saja sih maksudnya.

Tentunya tidak semua perusahaan pembiayaan itu baik.

Sebagai peminjam kita jangan terpaku hanya pada kemudahan syaratnya. Perhatikan juga kredibilitas perusahaannya. Lihat seberapa banyak cabangnya dan seberapa familiar perusahaan tersebut di telinga kita.

Perusahaan pembiayaan yang besar biasanya memiliki cabang yang banyak dan agen pemasaran yang sangat banyak juga. Sehingga nama dan logonya akan sangat familiar bagi kita.

https://www.solusipinjaman.com/ adalah agen pemasaran pinjaman multiguna Adira Finance dengan jaminan BPKB Mobil atau BPKB Motor.

2. Jual Aset. Misalnya saja jual mobil.

Perlu kita ketahui bahwa mobil dan motor pribadi adalah bentuk kebutuhan sekunder. Artinya jika ada kebutuhan lain yang lebih penting bisa mengorbankan kendaraan pribadi kita untuk dijual.

Namun tentunya menjual mobil atau kendaraan pribadi lainnya perlu dipertimbangkan matang-matang. Jangan sampai mengganggu aktivitas kita dalam bekerja.

3. Mencairkan Asuransi

Tentunya itu bisa dilakukan bagi kita yang memiliki asuransi yang berdasarkan ketentuan dari produk asuransi yang kita ikuti bisa dicairkan pada saat kita membutuhkan dana tunai.

Karena itu alangkah baiknya jika kita menyisihkan sedikit dari penghasilan kita untuk mengikuti program asuransi sekaligus investasi. Sehingga saat nanti dibutuhkan bisa dicairkan.


Nah itu dia beberapa usaha yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan dana tunai bagi kalian yang takut dengan pinjaman online.

Menurut kalian mana yang terbaik untuk dilakukan? Atau jika kalian punya ide bisa tulis di kolom komentar ya.

Sekian atikel kali ini. Like, share dan follow / subscribe jika kalian suka dengan artikel ini. Kalau kalian mau kasih dukungan buat beli kopi bisa klik atau scan QR Code dibawah. Terima kasih sudah membaca.

https://saweria.co/alvipunyacerita

Salam Anget,

-Alvi Alevi-

Sumber gambar : People photo created by lookstudio – www.freepik.com

Baca juga artikel lainnya di bawah ini. Terima kasih.

Penulis: Alvi Alevi

Male, 1993, Sagitarius, First Child, Indonesian.

4 tanggapan untuk “Buat Kamu yang Takut dengan Pinjaman Online. Jika Butuh Dana Tunai Lebih Baik Lakukan Ini.”

    1. Sebenarnya “menyelesaikan masalah tanpa masalah” itu kan cuma slogan yang lumayan klise.

      Pegadaian itu kan sama saja seperti perusahaan jasa keuangan lain yang menawarkan pinjaman dengan jaminan aset.

      Namanya menggadaikan sesuatu pasti ada masalah yang sebenarnya sudah membayangi.

      Cuma masalah itu gak akan timbul jika semua berjalan sesuai kesepakatan.

      Suka

Berikan Apresiasi Kalian terhadap Tulisan Ini dengan Berkomentar. Terimakasih.

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s