Membiasakan Diri Makan Oatmeal

Dari awal gue mengkonsumsi oatmeal langsung terasa pencernaan gue lebih enak dan buang air besar gue lebih teratur dan lancar. Beneran deh itu yang gue rasakan.

Hai guys, kali ini gue mau sedikit cerita tentang kebiasaan baru gue yaitu mengkonsumsi oatmeal yang sebenarnya pada awalnya gue lakukan bukan atas dasar kesehatan atau karena ingin hidup sehat.

Berawal ketika bokap gue sakit dan merasa mual setiap akan makan apapun dan entah bagaimana ceritanya tiba-tiba nyokap gue membeli oatmeal instant untuk bokap. Padahal nyokap gue itu sama sekali gak tau cara mengolah oatmeal. Nyokap gue pikir tinggal seduh dan rasanya udah enak.

Tiba-tiba nyokap udah bikin semangkuk oatmeal yang hanya diseduh air panas yang saat itu sangat kebanyakan air. Nyokap gue kira makan oatmeal itu seperti layaknya kita makan sereal. Hmm.. Bisa kebayang kan konsep makan oatmeal seperti makan sereal yang bukannya pakai susu tapi pakai air saja. Akhirnya ya oatmeal itu dibuang setelah pada nyobain oatmeal hasil kreasi nyokap gue.

Akhirnya gue browsing resep oatmeal di google. Yang paling sederhana adalah oatmeal pakai madu dan potongan pisang. Dan setelah dicoba ternyata rasanya jauh lebih baik. Gue bikin dua porsi. Satu untuk gue dan satu untuk bokap. Bokap gue suka dan setelah beberapa kali makan akhirnya oatmeal instan kemasan 200 gram yang dibeli nyokap habis.

Saat belanja bulanan karena bokap gue belum kunjung sembuh juga akhirnya kami memutuskan membeli oatmeal instant dengan kemasan yang sangat besar. 800 gram bonus 200 gram. Artinya adalah 1 kilogram. Saat membeli sama sekali gak ada kepikiran kalau seandainya besok pagi bokap gue sudah sehat siapa yang mau habisin itu 1 kilogram oatmeal.

Benar saja. Besoknya bokap gue udah sehat dan udah mulai bisa makan nasi dan masakan lainnya. Sepertinya bokap gue berjuang supaya cepat sehat dan gak harus makan oatmeal lagi.

Mau gak mau karena gue orangnya emang doyanan, ya akhirnya gue memutuskan untuk mengkonsumsi oatmeal setiap pagi dan malam sebagai sarapan dan makan malam gue supaya oatmeal sebanyak 1 kilogram itu tidak mubazir. Apa lagi gue memang tau kalau oatmeal itu bagus untuk kesehatan.

Buat yang belum tau apa manfaat oatmeal untuk kesehatan, gue kasih tau kalau oatmeal itu memiliki manfaat untuk menjaga berat badan, menurunkan kolesterol, mengurangi resiko sakit jantung, menstabilkan gula darah pada penderita diabetes dan mengobati masalah pencernaan.

Manfaat yang sangat banyak itu diperoleh karena oat mengandung lebih dari 50 nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, magnesium, folat, fosfor, mangan, kalium, dan zat besi.

Dari awal gue mengkonsumsi oatmeal langsung terasa pencernaan gue lebih enak dan buang air besar gue lebih teratur dan lancar. Beneran deh itu yang gue rasakan. Terus setelah 4 hari gue ngerasa badan gue lebih ringan dari biasanya. Celana gue juga akhirnya jadi kedodoran. Ternyata benar saja, setelah nimbang berat badan gue yang biasa sekitar 80 – 81 kilogram udah turun jadi 77 kilogram. Wah langsung senang dong. Dari lama emang gue punya target berat badan maksimal 70 kilogram. Walaupun masih kurang 7 kilogram tapi yang jelas gue sadar kalau mengkonsumsi oatmeal itu emang penting dan bagus banget untuk kesehatan. Walaupun awalnya gak enak dan sampai sekarang masih belum terbiasa dengan rasa dan teksturnya tapi gue akan berusaha untuk membiasakan diri makan oatmeal. Dan gue juga ajak bokap gue untuk makan oatmeal sebagai pengganti sarapan dan makan malam. Gue bilang sama bokap kalau oatmeal bagus untuk kesehatan jantung. Ya gue bilang gitu karena bokap gue emang punya riwayat sakit jantung.

Sejauh ini gue masih mengkonsumsi dengan cara yang paling simple. Untuk sarapan gue bikin oatmeal pakai madu dan potongan pisang atau oatmeal pakai cucu coklat kental manis, selai kacang dan pisang. Dan untuk malam gue bikin jadi omelette atau telur dadar.

Buat yang mau tau aneka resep untuk mengolah oatmeal bisa browsing aja di google. Tapi kalau buat gue pribadi yang biasa gue bikin udah enak banget. Nanti kalau bosan pasti gue akan coba variasi lainnya.

Buat kalian yang suka makan oatmeal bisa share dong dikolom komentar variasi yang bagaimana yang menurut kalian paling enak.

Sekian atikel gue kali ini. Like, share dan follow / subscribe jika kalian suka dengan artikel ini. Kalau kalian mau kasih dukungan buat gue beli kopi bisa klik atau scan QR Code dibawah. Terima kasih sudah membaca.

https://saweria.co/alvipunyacerita

Salam Anget,

-Alvi Alevi-

Sumber gambar : Food photo created by stockking – www.freepik.com

Penulis: Alvi Alevi

Male, 1993, Sagitarius, First Child, Indonesian.

2 tanggapan untuk “Membiasakan Diri Makan Oatmeal”

Berikan Apresiasi Kalian terhadap Tulisan Ini dengan Berkomentar. Terimakasih.

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s