Corona (Covid-19) dan Injil Keluaran 12 : 1 – 28

Gue cuma berpikir; kalo memang wabah ini adalah bagian dari rencana Tuhan pasti ada tujuannya dan pasti ada cara untuk melalui ini semua.

Semenjak dunia dihebohkan dengan adanya virus corona atau covid-19 [jujur] entah kenapa pikiran gue langsung ng-link dengan hari paskah yang akan berlangsung sebentar lagi yaitu Minggu, 12 April 2020 yang akhirnya membuat pikiran gue langsung nge-link lagi ke sebuah kisah di Injil yang sangat familiar bagi gue tentang perayaan paskah yaitu Keluaran 12 : 1 -28. Jangan buru – buru cari Alkitab dulu karena dibagian akhir artikel ini akan gue tampilkan isi dari Injil tersebut.

Banyak pertanyaan akhirnya muncul dipikiran gue. (Mungkin dipikiran kalian juga.) Bukan berpikir bagaimana cara mendapatkan handsanitizer dan masker dengan harga yang terjangkau justru gue berpikir dan menganalisa kemiripan kejadian dalam Injil Keluaran 12 : 1 -28 dengan kehebohan yang sedang terjadi ini akibat wabah virus covid-19 ini. Ditambah lagi himbauan untuk berada dirumah selama 14 (empat belas) hari.

Lagi – lagi pikiran gue dibuat nge-link ke Injil Keluaran 12 : 1 -28 karena disana juga tertulis mengenai angka tersebut. Gue gak bermaksud memperkeruh suasana. Gue cuma berpikir; kalo memang wabah ini adalah bagian dari rencana Tuhan pasti ada tujuannya dan pasti ada cara untuk melalui ini semua.

Mungkin kita memang harus benar – benar dirumah sementara waktu untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19 sesuai dengan himbauan yang ada. Supaya kita bisa lebih banyak berkumpul dan berdoa bersama keluarga seperti yang tertulis pada Injil Keluaran 12 : 1 – 28. Dan tentunya supaya bisa mempersiapkan paskah dengan puasa dan pantang dengan lebih baik.

Berhubung gue sudah ingat akan Injil tersebut dan gue mengimaninya maka gue gak bisa untuk 100% mengabaikan keingatan gue akan Injil Keluaran 12 : 1 -28. Selain dengan berdoa gue mencoba untuk menandai rumah gue dengan memasang salib dan memakai rosario setiap keluar rumah. Mungkin terkesan kolot, konyol dan aneh. Tapi menurut gue pribadi lebih aneh jika gue harus memakai masker disaat gue sedang tidak sakit. Jadi kalo pakai masker aja bisa kenapa tidak pakai rosario juga.

Semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan. Amin

Keluaran 12 : 1 – 28 Tentang Perayaan Paskah

Kel 12:1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa dan Harun di tanah Mesir:

Kel 12:2 “Bulan inilah akan menjadi permulaan segala bulan bagimu; itu akan menjadi bulan pertama bagimu tiap-tiap tahun.

Kel 12:3 Katakanlah kepada segenap jemaah Israel: Pada tanggal sepuluh bulan ini diambillah oleh masing-masing seekor anak domba, menurut kaum keluarga, seekor anak domba untuk tiap-tiap rumah tangga.

Kel 12:4 Tetapi jika rumah tangga itu terlalu kecil jumlahnya untuk mengambil seekor anak domba, maka ia bersama-sama dengan tetangganya yang terdekat ke rumahnya haruslah mengambil seekor, menurut jumlah jiwa; tentang anak domba itu, kamu buatlah perkiraan menurut keperluan tiap-tiap orang.

Kel 12:5 Anak dombamu itu harus jantan, tidak bercela, berumur setahun; kamu boleh ambil domba atau kambing.

Kel 12:6 Kamu harus mengurungnya sampai hari yang keempat belas bulan ini; lalu seluruh jemaah Israel yang berkumpul, harus menyembelihnya pada waktu senja.

Kel 12:7 Kemudian dari darahnya haruslah diambil sedikit dan dibubuhkan pada kedua tiang pintu dan pada ambang atas, pada rumah-rumah di mana orang memakannya.

Kel 12:8 Dagingnya harus dimakan mereka pada malam itu juga; yang dipanggang mereka harus makan dengan roti yang tidak beragi beserta sayur pahit.

Kel 12:9 Janganlah kamu memakannya mentah atau direbus dalam air; hanya dipanggang di api, lengkap dengan kepalanya dan betisnya dan isi perutnya.

Kel 12:10 Janganlah kamu tinggalkan apa-apa dari daging itu sampai pagi; apa yang tinggal sampai pagi kamu bakarlah habis dengan api.

Kel 12:11 Dan beginilah kamu memakannya: pinggangmu berikat, kasut pada kakimu dan tongkat di tanganmu; buru-burulah kamu memakannya; itulah Paskah bagi TUHAN.

Kel 12:12 Sebab pada malam ini Aku akan menjalani tanah Mesir, dan semua anak sulung, dari anak manusia sampai anak binatang, akan Kubunuh, dan kepada semua allah di Mesir akan Kujatuhkan hukuman, Akulah, TUHAN.

Kel 12:13 Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal: Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir.

Kel 12:14 Hari ini akan menjadi hari peringatan bagimu. Kamu harus merayakannya sebagai hari raya bagi TUHAN turun-temurun. Kamu harus merayakannya sebagai ketetapan untuk selamanya.

Kel 12:15 Kamu makanlah roti yang tidak beragi tujuh hari lamanya; pada hari pertamapun kamu buanglah segala ragi dari rumahmu, sebab setiap orang yang makan sesuatu yang beragi, dari hari pertama sampai hari ketujuh, orang itu harus dilenyapkan dari antara Israel.

Kel 12:16 Kamu adakanlah pertemuan yang kudus, baik pada hari yang pertama maupun pada hari yang ketujuh; pada hari-hari itu tidak boleh dilakukan pekerjaan apapun; hanya apa yang perlu dimakan setiap orang, itu sajalah yang boleh kamu sediakan.

Kel 12:17 Jadi kamu harus tetap merayakan hari raya makan roti yang tidak beragi, sebab tepat pada hari ini juga Aku membawa pasukan-pasukanmu keluar dari tanah Mesir. Maka haruslah kamu rayakan hari ini turun-temurun; itulah suatu ketetapan untuk selamanya.

Kel 12:18 Dalam bulan pertama, pada hari yang keempat belas bulan itu pada waktu petang, kamu makanlah roti yang tidak beragi, sampai kepada hari yang kedua puluh satu bulan itu, pada waktu petang.

Kel 12:19 Tujuh hari lamanya tidak boleh ada ragi dalam rumahmu, sebab setiap orang yang makan sesuatu yang beragi, orang itu harus dilenyapkan dari antara jemaah Israel, baik ia orang asing, baik ia orang asli.

Kel 12:20 Sesuatu apapun yang beragi tidak boleh kamu makan; kamu makanlah roti yang tidak beragi di segala tempat kediamanmu.”

Kel 12:21 Lalu Musa memanggil semua tua-tua Israel serta berkata kepada mereka: “Pergilah, ambillah kambing domba untuk kaummu dan sembelihlah anak domba Paskah.

Kel 12:22 Kemudian kamu harus mengambil seikat hisop dan mencelupkannya dalam darah yang ada dalam sebuah pasu, dan darah itu kamu harus sapukan pada ambang atas dan pada kedua tiang pintu; seorangpun dari kamu tidak boleh keluar pintu rumahnya sampai pagi.

Kel 12:23 Dan TUHAN akan menjalani Mesir untuk menulahinya; apabila Ia melihat darah pada ambang atas dan pada kedua tiang pintu itu, maka TUHAN akan melewati pintu itu dan tidak membiarkan pemusnah masuk ke dalam rumahmu untuk menulahi.

Kel 12:24 Kamu harus memegang ini sebagai ketetapan sampai selama-lamanya bagimu dan bagi anak-anakmu.

Kel 12:25 Dan apabila kamu tiba di negeri yang akan diberikan TUHAN kepadamu, seperti yang difirmankan-Nya, maka kamu harus pelihara ibadah ini.

Kel 12:26 Dan apabila anak-anakmu berkata kepadamu: Apakah artinya ibadahmu ini?

Kel 12:27 maka haruslah kamu berkata: Itulah korban Paskah bagi TUHAN yang melewati rumah-rumah orang Israel di Mesir, ketika Ia menulahi orang Mesir, tetapi menyelamatkan rumah-rumah kita.” Lalu berlututlah bangsa itu dan sujud menyembah.

Kel 12:28 Pergilah orang Israel, lalu berbuat demikian; seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa dan Harun, demikianlah diperbuat mereka.

Sekian atikel gue kali ini. Like, share dan follow / subscribe jika kalian suka dengan artikel ini. Kalau kalian mau kasih dukungan buat gue beli kopi bisa klik atau scan QR Code dibawah. Terima kasih sudah membaca.

https://saweria.co/alvipunyacerita

Salam Anget,

-Alvi Alevi-

Sumber gambar : Medical photo created by wirestock – www.freepik.com

Penulis: Alvi Alevi

Male, 1993, Sagitarius, First Child, Indonesian.

Satu komentar pada “Corona (Covid-19) dan Injil Keluaran 12 : 1 – 28”

Berikan Apresiasi Kalian terhadap Tulisan Ini dengan Berkomentar. Terimakasih.

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s