APC #054 – Review Bulan Januari 2017

Sebenarnya ini sudah telat banget untuk mereview Januari 2017 gue. Tapi berhubung banyak motivator bilang “tidak ada kata terlambat” maka gue memutuskan tetap mereview. Ini adalah review atas beberapa poin yang telah gue lalui selama Januari 2017 yang semoga selain bisa menjadi pelajaran bagi gue bisa juga bermanfaat buat kalian semua.

  1. Resolusi 2017
    Banyak banget gue membaca blog atau status di media sosial tentang resolusi mereka di tahun 2017. Dan gue tidak membuatnya. Bukannya tanpa alasan, gue cuma merasa males  melakukan sesuatu yang banyak banget orang sudah melakukannya. Maka dari itu gue rencananya akan membuat resolusi 2017 di bulan Februari dan anggap saja Januari adalah tryal bagi gue menjalani 2017. (Mungkin artikel berikutnya adalah tentang resolusi 2017)
  2. Kerjaan
    Diawal tahun dimana bagi sebagian besar seorang akuntan merupakan awal tahun pembukuan gue telah melaluinya dengan sangat kurang maksimal. Kalau target selesai laporan keuangan di kantor gue adalah tanggal 5 bulan berikutnya, laporan keuangan bulan Januari 2017 baru bisa gue selesaikan di 6 Februari 2017. Padahal gue sudah mendapat warning bahwa deadline laporan keuangan akan dimajukan menjadi tanggal 2 bulan berikutnya per laporan Februari 2017. Disaat gue mengalami kemunduran dalam penyelesaian laporan bulanan gue justru ada tuntutan untuk bekerja lebih cepat lagi. Itu artinya mulai bulan Februari 2017 gue harus tancap gas lebih dalam.
  3. Keuangan
    Ini parah banget. Ketika di Desember 2016 selain gue mendapat gaji juga mendapat THR Natal dan Bonus akhir tahun justru itu adalah jumlah penerimaan gaji yang paling terasa “kecil”. Belanja elektronik dan kredit belanja online membuat gue harus merelakan gaji bulan Januari 2017 untuk membayar pengeluaran di akhir 2016. Gajian tanggal 25 Januari 2017 dan sekarang gaji gue udah nol. Terpaksa mengandalkan pemasukan dari usaha. Padahal seharusnya keuntungan usaha bisa diputar lagi. #PARAH
  4. Bisnis
    Toko online sepi dan rental game tidak terlalu ramai. Toko online sepi jelas banget karena emang gue aja yang lagi males promosi. Kalau rental game ini sedikit sepi karena di akhir tahun sudah membludak banget yang main. Selain itu juga karena baru bulan pertama bocah – bocah pada masuk sekolah jadi mungkin masih males main juga. Tapi jeleknya disaat sepi gini malah gue terkesan masa bodoh. Harusnya gue bisa maksimalkan perawatan dan memikirkan inovasi bisnis gue ini. #PARAH
  5. Relasi
    Januari 2017 ini gue ditunjuk menjadi salah satu fasilitator acara kepemudaan yaitu pelajar SMA/SMK Katolik se kota Bekasi membuat gue mengenal beberapa orang baru dan semakin akrab dengan orang yang sebelumnya sudah gue kenal namun kurang akrab. Ini menjadi salah satu yang menyenangkan dari Januari 2017 gue.

    apc-054-1
    Ini adalah anak – anak dari kelompok yang gue dampingi.
    apc-054-2
    Gue kelihatan seumuran gak sih sama mereka? hahaha..

    apc-054-3
    Peserta keseluruhan. Silahkan cari gue yang mana.
  6. Asmara
    Semua aman terkendali. hahaha. #SKIP
  7. Kesehatan
    Kesehatan awal tahun bisa dikasih nilai 9 karena gue gak sakit sama sekali. Cuma kecapekan dan menurut gue itu wajar. Tapi kalau dinilai juga dari segi olah raga nilainya bisa turun menjadi 7 karena gue gak olah raga sama sekali. hahaha.. Sebagai pengganti olah raga gue cuma inisiatif untuk lebih memilih tangga ketimbang lift atau eskalator.

Itulah poin – poin yang menurut gue perlu gue review. Jika kalian punya saran atau punya pengalaman yang sama seperti review gue diatas bisa kalian share di comment box below.

Salam hangat,

-Alvi Alevi-

 

Berikan Apresiasi Kalian terhadap Tulisan Ini dengan Berkomentar. Terimakasih.

