APC #052 – Kembali ke WordPress Gratisan

Dari awal gue mengenal blog dan mencoba untuk nge-blog yaitu sekitar tahun 2008 gue cuma kenal sama salah satu produk unggulan google yang bernama blogger. Berawal dari pelajaran singkat mengenai blog di bangku SMP hingga akhirnya gue berusaha mengulik lebih dalam lagi secara mandiri mengenai blog dan blogger. Saat itu gue masih sangat belum paham gimana caranya mempercantik tampilan blog blogger gue dengan templete gratisan yang disediakan blogger. Gue yang selalu mengutamakan nilai estetika merasa bingung gimana caranya mengubah tampilan blog blogger gue menjadi enak dipandang terlebih dahulu sebelum akhirnya orang membaca artikel gue. Blog pertama gue gak bertahan lama hingga akhirnya gue menemukan wordpress.

Karena saat itu wordpress adalah sesuatu yang baru bagi gue dan gue melihat wordpress punya templete gratisan yang lebih bervariasi ketimbang blogger, secara amatiran gue menilai wordpress lebih baik dari blogger. Gue mulai aktiv menulis artikel lagi. Waktu itu gue punya blog kesehatan yang sebenarnya lebih gue tujukan untuk berjualan produk herbal. Singkat cerita akhirnya gue bosan untuk berjualan produk herbal tersebut dan gue memutuskan untuk membuat blog ini. Iya blog alvipunyacerita.wordpress.com. Blog ini gue buat pada 1 September 2013. Karena saat itu gue udah mulai sibuk kuliah sambil bekerja, so gue gak terlalu aktif menulis artikel. Selama 10 bulan gw cuma bisa menulis sekitar 50 artikel yang masih publish sampai sekarang dan sekitar 20 artikel yang batal publish atau gue unpublish karena beberapa alasan. Setelah sepuluh bulan aktif menulis artikel di blog ini gue memutuskan untuk beralih ke wordpress self hosting dengan domain alviblog.com.

Dengan alasan gue pengen blog yang lebih profesional yang bisa gue monetise dan gue bisa lebih bebas otak atik tampilan blog gue rela mengeluarkan dana sekitar 1,5juta rupiah untuk menciptakan alviblog.com. Dengan self hosting dan templete berbayar gue merasa akan mendapat blog yang super keren. Namun karena kemampuan bahasa pemrograman yang minim banget gue mendapat banyak kendala sana sini. Setiap harinya gue hanya disibukkan dengan masalah teknis tampilan dan SEO. Dan akhirnya membuat gue jenuh dengan aktivitas blogging. Setahun berlalu hingga akhirnya gue mendapat tagihan untuk membayar hosting dan domain. Karena gue merasa sayang banget harus mengeluarkan uang lagi untuk sewa hosting untuk blog yang kurang bisa gue nikmati akhirnya gue memutuskan untuk tidak membayar hosting tersebut namun tetap membayar domainnya. Gue memutuskan kembali ke blogger dengan domain yang sama dan isi blog yang sudah dimigrasi.

Kali ini gue berhasil membuat tampilan blog gue menjadi sesuai harapan gue karena gue berhasil mempelajari mengenai blogger dari beberapa buku dan tutorial online. Saat itu gue suka banget dengan tampilan blog gue yang sudah gue migrasi ke blogger dan berhasil gue poles sana sini. Tapi ternyata minat gue untuk menulis semakin menuruun seiring dengan bertambahnya kesibukan gue di kampus dan kantor. Gue semakin jarang menulis hingga akhirnya memutuskan dulu untuk off blogging.

Hingga pada suatu hari gue mulai tertarik untuk membuat blog mengenai software dan game gratisan. Alhasil gue memutuskan untuk meng-unpublish sekitar 100 lebih artikel gue. Artikel kembali nol dan gue memulai artikel pertama mengenai software dan otomatis mengubah tampilah secara total hingga ke judul dan deskripsi blog. Kalau dibayangkan kembali benar – benar sangat menyedihkan bagi gue yang lumayan hobi otak atik blog. Tapi lagi – lagi karena alasan kesibukan yang begitu sangat yaitu karena gue sudah memulai skripsi akhirnya alviblog.com kembali tidak update untuk waktu yang sangat lama hingga akhirnya sampai sekarang domain tersebut tidak gue bayar tagihannya. Otomatis blog tersebut tidak dapat diakses.

Gue wisuda 29 Oktober 2016 dan baru sekitar seminggu yang lalu gue mulai berpikir mengenai aktivitas blogging gue yang udah lama gue tinggalkan. Gue merasa gak mungkin mengaktifkan kembali alviblog.com karena menurut gue keputusan untuk mengubah tema alviblog.com saat itu adalah kesalahan besar banget yang sudah gue ambil. Mau dikembalikan menjadi blog pengalaman pribadi tapi gak mungkin banget karena prosesnya yang akan ribet dan memakan waktu. Serta secara SEO juga akan jelek. Dan gue memutuskan untuk login kembali ke wordpress gratisan ini dengan beberapa perubahan. Yaitu perubahan judul blog dari Alvi Punya Cerita menjadi #APC. Dan juga slogan blog. Menurut gue wordpress gratisan sudah mengalami perubahan yang sangat banyak dan baik dari segi fitur dan tampilan. Gue tidak akan detail menjelaskan bagaimana perbedaannya karena gue memang sedang tidak melakukan review.

logo-apc

Intinya, saat ini gue mencoba kembali untuk menikmati blog dengan wordpress platform free version ini. Gue belum tau apakah kedepan akan kembali menggunakan domain berbayar atau tidak. Tapi yang jelas menurut gue untuk sebatas blog yag berisi artikel pengalaman pribadi seperti blog gue ini, gue kasih saran kalian tidak perlu untuk menyewa hosting karena kendala teknisnya akan menyita banyak waktu kalian. Padahal yang utama dari blog adalah konsistensi kontennya. Kalau sekedar menggunakan domain berbayar gue masih setuju karena minim sekali kendala teknisnya.

Buat kalian pengguna domain dan atau hosting berbayar dan punya pengalaman yang sama dengan gue, atau buat kalian yang punya saran untuk pengguna hosting berbayar silahkan share di comment box below.

Salam hangat,

-Alvi Alevi-

2 thoughts on “APC #052 – Kembali ke WordPress Gratisan

    • Nah seperti itu juga lebih baik. WordPress[dot]com sekarang sudah menyediakan paket hosting yang menurut saya [mungkin] secara maintenance jauh lebih simple karena server tersebut memang dikhususkan untuk hosting wordpress. Ketimbang kita sewa hosting berbayar dan kemudian menginstall sendiri CMS WordPress yang bisa didownload melalui wordpress[dot]org secara mandiri.
      Salam kenal winnymarlina. ^_^

Berikan Apresiasi Kalian terhadap Tulisan Ini dengan Berkomentar. Terimakasih.

