Tips Ketika Mengantuk Saat Membawa Motor

Diartikel sebelumnya gue mencoba menceritakan ketika gimana sebuah deadline membuat gue memiliki waktu tidur yang sangat singkat. Buat yang belum baca bisa baca artikelnya disini.

Waktu tidur gue yang selama sebulan waktu itu gak bisa lebih dari 3 jam sehari membuat sebuah kebiasaan baru dalam pola tidur gue. Gue gak bisa tidur sebelum jam dua pagi. Hal itu membuat gue sangat ngantuk dibeberapa waktu. Dan yang sangat membahayakan adalah ketika gue mengantuk saat perjalanan dari kantor ke kampus. Saking ngantuknya gue itu bisa – bisa sampai tertidur dan gak sadar untuk sekian detik hingga gue tersadar dan gue hampir oleng. Dan setelah sadar gue baru menyadari kalau dibelakang gue ada truk gandeng yang sedang berjalan lumayan kencang. Parahnya lagi truk itu gandengan. Gue galau.  Untung saja gue gak sampai jatuh.

Hal itu membuat gue kapok. Bukan kapok untuk ngantuk. Tapi kapok untuk memaksakan mengendara saat sedang mengantuk. Dan gue memiliki beberapa tips yang bisa kalian lakukan jika kalian mengalami hal yang sama seperti gue:

  1. Usahakan ketika mulai mengendarai motor cobalah untuk sambil bernyanyi atau apapun itu yang membuat otak kalian tetap “aktif”. Jangan menggunakan earphone karena itu bahaya. Jangan juga mikir porno. Itu gak bahaya tapi itu dosa. Jangan baru mulai mencoba bernyanyi ketika kondisi kalian sudah mengantuk di perjalanan. Karena itu hanya semakin membuat ngantuk.
  2. Jika sudah terlanjur mengantuk. Sekecil apapun rasanya, segeralah menepi dan berhenti. Jangan dipaksakan karena bahaya. Setelah menepi ambilah handphone kalian sekedar untuk melihat pesan apa yang masuk dan cobalah membalasnya dengan sedikit kalimat candaan. Tapi kalau ada pesan dari pacar yang minta putus, gue yakin tanpa membalasnyapun kalian akan segera kehilangan rasa kantuk. Jika tidak ada pesan (kasian banget) cobalah untuk membuka game yang ada. Mainkan sekitar 3 sampai 5 menit (sampai 3 jam juga boleh) kemudian segera lanjutkan perjalanan sebelum ada polisi iseng menghampiri.
  3. Karena kalian mengendarai motor (bukan mobil) jangan tidur ketika berhenti ditepi. Bahaya. Gue pernah coba dan gue hampir ambruk. Selain itu bisa juga kalian malah menjadi korban kejahatan. Karena kalian belum tidur dan masih dalam posisi transmisi akan membuat kalian mudah untuk dihipnotis. Berhati – hati.
  4. Selalu sediakan permen dan air mineral sebagai bekal berkendara dengan motor. Air mineral selain untuk minum bisa juga untuk cuci muka jika anda terbiasa menghilangkan kantuk dengan cuci muka. Tapi gak perlu sampai seluruh badan dibasahi. Bisa – bisa kalian disangka gila.

Dan itu sedikit tips yang bisa gue berikan sebagai solusi Ketika Mengantuk Saat Membawa Motor. Gue gak tau apakah itu bisa bekerja didiri kalian. Tapi yang jelas itu sangat bekerja bagi diri gue. Intinya, jangan paksakan untuk tetap mengendara ketika mengantuk.

Salam Anget,

@alvialevi (on twitter)

Advertisements

Berikan Apresiasi Kalian terhadap Tulisan Ini dengan Berkomentar. Terimakasih.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s